Cara Kerja Google sebagai Mesin Pencari

1 min read

Google adalah mesin pencari paling populer. Mesin pencari merupakan sebuah portal di internet yang berguna untuk memberikan informasi kepada pengguna internet. Google memiliki cara kerja tersendiri sebagai mesin pencari. Bagi perusahaan web developer yang memiliki jasa link building akan bekerja sesuai dengan aturan Google.

Dalam hal membantu pemilik website untuk menjadikan situs miliknya ada dalam jajaran atas mesin pencari. Perlu Anda tahu cara kerja Google sebagai mesin pencari.

 

Pengertian Mesin Pencari

Di dalam mesin pencari terdapat triliunan data atau informasi dari website. Mereka memiliki tugas yang banyak, contohnya mendefinisikan isi dari sebuah website. Apakah sudah cukup baik atau belum. Mereka akan memberikan peringkat atas bagi website yang yang mengikuti standar SEO.

Mesin pencari dikerjakan oleh sistem komputerisasi yang canggih sekali. Mereka dapat mengingat semua hal yang ada di internet.

Maka dari itu jika Anda bertanya apa saja maka Google akan berusaha menjawab serelevan mungkin dengan kata kunci yang Anda input di kolom pencarian.

Jadi, asalkan ada kata kunci, Google akan membantu untuk jawab pertanyaan Anda.

Cara Kerja Mesin Pencari Google

Pasti banyak diantara Anda yang penasaran bagaimana bisa Google mendapatkan informasi sebegitu banyaknya dan memberikan hasil yang relevan dari setiap pertanyaan Anda. Berikut ini info mengenai cara kerja Google sebagai mesin pencari.

Google akan menggunakan algoritma tercanggih untuk mengolah serta menemukan segala data yang ada di internet. Kemudian mereka akan memberikan keputusan terhadap relevansi dan kualitas semua halaman.

Semua data akan digabungkan dengan tujuan membantu mesin pencari untuk mengetahui kualitas dari berbagai halaman website. Setelah itu website yang memiliki keterkaitan akan mendapatkan peringkat yang akhirnya terlihat di search engine result page. Website yang ada pada urutan atas biasanya adalah yang menurut Google paling berkualitas.

Mesin pencari harus secara tepat memahami setiap jenis informasi yang ada kemudian akan menginformasikannya kepada pengguna. Hal ini supaya hasilnya efektif. Untuk mencapai ini Google akan melakukan 3 buah tindakan dasar, yaitu perayapan, peringkat, dan pengindeksan.

Berikut ini uraian dari masing-masingĀ  tindakan dasar tersebut.

1. Perayapan

Dalam proses ini Google akan menggunakan tool untuk merayapi setiap web yang ada. Disebut juga sebagai laba-laba atau bot. Tujuannya untuk meninjau berbagai konten yang ada di website.

Perayap web ini akan memperhatikan semua halaman dan website baru yang ada. Kemudian bisa melihat data-data seperti peta situs, URL, serta kode yang berguna untuk mengetahui definisi dari isi konten yang ada.

2. Indeks

Sesudah itu pada tahap selanjutnya Google akan memutuskan cara untuk mengatur informasi. Proses ini adalah saat Google sedang melakukan peninjauan data pada website untuk bisa mengetahui sinyal peringkat. Kemudian hasilnya akan disimpan pada server milik mesin pencari tersebut.

3. Peringkat

Dalam proses satu ini Google akan membuat sebuah keputusan mengenai mana situs yang kontennya akan ditampilkan pada SERP. Peringkat ini akan dihasilkan dengan penilaian berbagai faktor berbeda yang didasarkan kepada relevansi, dan kualitas untuk pengguna.

Dengan mengetahui bagaimana cara algoritma Google bekerja bisa membantu Anda untuk membuat konten berkualitas. Semakin bagus peringkat website Anda di Google maka semakin banyak traffic yang akan masuk.

Jika Anda menggunakan adsense untuk monetisasi website maka akan mendapatkan banyak keuntungan jika peringkat website Anda di mesin pencari ada di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *